Sunday, April 22, 2007

Why Java, part 4

Hi guys!

I've just blogged the fourth part of "why I choose Java". This blog talks about choosing the best and freedom to choose. Check this out. As always, feedbacks appreciated.

Thursday, April 19, 2007

Why Java, part 3

Hi guys!

I've just blogged the third part of "why I choose Java". This blog is written from the perspective of me being a developer. Check this out. As always, feedbacks appreciated.

Wednesday, April 18, 2007

Why Java, part 2

Hi guys!

I've just blogged the second part of "why I choose Java". Check this out. As always, feedbacks appreciated.

Tuesday, April 17, 2007

Why Java, part 1

Hi guys!

I've just blogged why I choose Java. Check this out. Feedbacks appreciated.

Sunday, April 15, 2007

Added blog feature: ClustrMaps

I've just added ClustrMaps support in this blog. Kindly check the lower right pane, you should see a map.

Sepeda

Di blog sebelumnya gw menulis tentang keinginan untuk kembali berolahraga (please don’t tell me Tukul’s “kembali ke laptop”. I spend 14 hours a day in front of laptop and has it more than enough). Disitu gw sempat menyinggung soal sepeda. Gw akan cerita lebih banyak disini.

Terakhir kali gw mengendarai (menggenjot?) sepeda adalah waktu masih SD. Setelahnya gw ga cukup pede membawanya keluar, considering the fact that my friends were riding BMX and I was still with my feminine-styled (my own wording) bicycle.

Lagipula saat itu gw jatuh cinta sama komputer. The damn thing that consumed me ever since. Mungkin itu salah satu alasan kenapa gw ga pernah tertarik untuk belajar motor (yes, for the n-th time, I told you I can’t ride a motorbike, and has no interest in it for the time being).

Anyway, beberapa hari lalu temen gw mengatakan bahwa dia baru saja membeli sebuah sepeda gunung. Harganya sekitar 1.6jt. Mungkin penggemar sepeda akan berkata, “lumayan murah”. Tapi gw yang sudah belasan tahun asing dari dunia “persepedaan” langsung terperangah, “Busyet, mahal banget. Gw pikir sepeda harganya 200ribu-an!”

Tapi idenya bagus juga. Bulan depan gw ada rencana untuk membeli sepeda. Saat ini gw naksir Polygon tipe xtrada atau quatro.

mens sana in corpore sano

Orandum est ut sit mens sana in corpore sano (Hendaknya engkau berdoa agar ada jiwa yang sehat di dalam badan yang sehat). Kolom IPTEK di KOMPAS Rabu, 11 April 2007, kembali mengingatkan gw akan pentingnya olahraga.

Semua orang tahu olahraga itu penting. Gw juga tahu. Tapi berapa banyak orang yang benar-benar melakukannya, rutin? Yang pasti gw ga termasuk.

Selama ini gw berlindung di balik kesibukan sehari-hari. Dengan 14 jam di depan komputer dan 7 jam untuk tidur, hanya sisa 3 jam untuk melakukan aktivitas lain: makan, minum, berangkat/pulang kerja, mandi. Olahraga? Kapan-kapan. Untuk bersosialisasi saja waktu gw kurang.

Akibatnya jelas, gw jadi mudah sakit. Gw ga tahan udara yang terlalu dingin, apalagi udara dingin buatan (AC dan kipas angin). Gw juga ga tahan udara panas. Intinya gw seperti bakteri yang hanya akan tumbuh subur pada suhu kamar. Menyedihkan.

Padahal gw sadar gw ga dilahirkan dengan fisik terhebat di dunia. Gw bahkan lahir prematur (I don’t blame my mom. Katanya bayi prematur lahir dengan kecerdasan di atas rata-rata). Gw juga sadar penyakit-penyakit ndeso terlalu sering menyerang gw: pilek, demam, diare. Tapi kenapa sulit sekali bagi gw untuk hidup sehat?

Well, gw ga seutuhnya payah dalam urusan memperhatikan kesehatan. Sudah lama gw minum susu tanpa gula, ga merokok, membatasi konsumsi obat (saat sakit gw lebih pilih makan yang banyak) dan hanya minum minuman beralkohol pada situasi tertentu (I drink socially). Sewaktu kuliah gw bahkan sempat rajin olahraga dan melakukan diet makanan (memperbanyak sayuran dan mengurangi daging).

Tapi beberapa bulan terakhir ini gw benar-benar payah. Gw udah lama ga joging, berenang, workout, bahkan gw udah jarang sekali makan sayur. Beberapa hari belakangan ini gw bahkan sering merasa nyeri di pergelangan tangan kanan. Gw sampai panik jangan-jangan ini RSI (Repetitive Strain Injury).

Gw ingin banget kembali seperti dulu, rajin olahraga. Tapi gw bingung mulai dari mana. Secara kebetulan, salah seorang sahabat gw membeli sepeda gunung (MTB) Polygon astroz. Gw kaget, tumben banget!

RSI, artikel di KOMPAS, sepeda gunung. Semuanya secara kolektif gw anggap sebagai pertanda untuk mulai kembali berolahraga. Gw tertarik dengan ide sepeda, mungkin bulan depan gw akan beli juga. Siapa tahu kelak gw bisa ikut kampanye Bike to Work :-)

Tuesday, April 10, 2007

[Announcement] JaMU 07.04

Dear JUGgers,
JaMU 07.04 rencananya akan diadakan pada tanggal 14 April 2007. Berikut ini detil acaranya:

Java Meet Up (JaMU) 07.04 - Jakarta


Tempat:
SUN Microsystem Indonesia
Lantai 13, Gedung Wisma Metropolitan I (WTC Sudirman)
Jakarta

Waktu:
10.00 - 13.00 WIB

Hari/Tanggal:
Sabtu, 14 April 2007

Pembicara dan Topik:
EJB3
Joshua Jackson

Biaya:
-- FREE --

Pendaftaran:
Kirim email ke: jug-indonesia-owner@yahoogroups.com

Subject: [JaMU 07.04] Registration

Content:
Member Information
Name:
Position:
Company:
Website:
Contact Number:
Comment:

Note:
- Tidak ada konfirmasi dari moderator, jadi silakan langsung datang ke acara.

salam hangat,
Thomas Wiradikusuma
Panitia JaMU


Dewantara needs a web master and a designer

Anybody interested in the challenge?

Sunday, April 08, 2007

Sekarang baru tanggal delapan dan...


Sekarang baru tanggal delapan dan pemakaian Speedy gw hampir 400MB? What the..? Ini agak aneh, mengingat gw menggunakan Speedy hanya ketika di rumah (akhir pekan). Ada beberapa kemungkinan:

  • Orang-orang di rumah (terutama adek-adek gw) membuka YouTube.

  • Maven, Eclipse, Firefox atau apapun tool yang gw pakai diam-diam mengakses Internet untuk meng-update dirinya secara otomatis.

  • Laptop dan/atau desktop gw terinfeksi worm.

  • Damn. Is there any way to detect this? Feedbacks are welcome.

Looking for my geek side?