Tuesday, June 16, 2009

Syarat menggunakan ATM: Harus bisa membaca

Taken from http://www.jcheights.com/news.shtml
Hari ini sekitar pukul 11:30 gw ke ATM BCA Galaxi LJ. Hooker. Disitu ada tiga mesin ATM: Pecahan 100RB, Pecahan 50RB dan Non Tunai. Gw mengantri di mesin Pecahan 100RB karena ingin menarik uang tunai. Di belakang gw ada beberapa orang sementara di depan gw seorang bapak (usia 40an) sedang bertransaksi.

Kelihatannya si bapak sedang melakukan transfer. Terlihat dari kertas-kertas yang dia bawa dan memang terlihat dari layarnya (karena postur gw lebih tinggi dan gw penasaran, "Nih orang lama amat."). Gw berpikir, "Kenapa ga pakai mesin Non Tunai ya, kan kosong. Mungkin dia sekalian mau tarik tunai."

Satu lembar, dua lembar, lima lembar... WTF? Banyak amat transaksinya, dan itu belum selesai! Gw langsung nyeletuk, "Masih lama, Pak?" "Sebentar lagi," jawabnya dengan agak ketus.

Sebagai warga negara yang baik, gw menginformasikan ke beliau, "Pak, kalau transaksi non-tunai mending disitu aja (sambil menunjuk ke mesin Non Tunai). Itu kan kosong." Alih-alih berterima kasih, dia malah menjawab ketus, "Disini juga bisa kan. Memangnya kenapa?" Well, bisa sih. Kita juga bisa menarik uang di teller, tapi orang-orang prefer ATM kan? (ini di pikiran gw).

Lalu gw bilang, "Kalau Bapak pakai yang Non Tunai, yang lain bisa transaksi. Kalo begini, yang lain ngantri, soalnya ga bisa pakai Non Tunai." Eh dia malah bilang, "Kamu mau ngajak berantem?" (ini diulang berkali-kali) Gw langsung bengong. Seriously, disitu banyak orang, dan gw yakin bapak itu terlihat sungguh "udah salah, ngotot lagi".

Akhirnya bapak itu selesai TANPA MELAKUKAN TRANSAKSI TUNAI APAPUN. Pas dia keluar, gw menengok ke luar gedung. Maksudnya ngeliatin sepeda gw takut ditendang bapak yang sakit hati itu. Eh disangkanya gw ngeliatin dia, trus dia melototin gw. Gw geleng-geleng kepala aja.

Yah, mungkin si bapak ga bisa baca tulisan "Non Tunai" (atau ga ngerti?). Atau dia ga tau kalo BCA punya fitur m-BCA, KlikBCA dan BCA by Phone untuk urusan transfer-mentransfer yang ga merepotkan diri sendiri dan orang lain.

3 comments:

  1. masalahnya di indonesia masih banyak yang berpikiran kalo arti tunai = duit, duit = tunai..
    naah, bapak itu kan lagi mau berurusan dengan transfer "duit", dan dia pikir mesin non tunai itu adalah mesin yang ga bisa buat berurusan dengan duit, jadilah dia ke mesin atm biasa.. :D
    ini bukti kurangnya edukasi masyarakat tentang perkembangan teknologi. entah gak tau atau gak mau tau..
    "udah ada mesin yang bisa gw pake ngapain gw belajar pake mesin baru yang gw belom tentu ngerti cara pakenya?", gitu pikir bapak itu... :D

    ReplyDelete
  2. Salut gw.

    Praktek kaya gini sering gw liat. Antara agk ngerti atau emang gak peduli nyusahin orang lain - tapi biasanya gw diem aja. Pikir gw, biasa lah org kita, kagak bisa dibilangin.

    Tapi beneran elu sih. Kalo kita gak bantu ngajarin, makin lama makin kaco kali orang Indonesia ini yaaaaa.. (Maksud ati mw ngomong makin tolol tapi gak enak, hahahaha...)

    ReplyDelete
  3. Di BCA ada kan mesin ATM yg TUNAI only?
    Jadi org yg mau transfer ga bisa pake yang TUNAI only :D

    ReplyDelete

Looking for my geek side?