Tuesday, February 24, 2009

Disiplin oh disiplin

Salah satu Wish List 2009 gw adalah "Lebih disiplin dengan waktu". Gw sekarang bekerja freelance di rumah, dan disiplin adalah satu-satunya cara agar hidup gw tetap berada di jalurnya. Sayangnya, sudah hampir dua bulan dan gw masih kesulitan dengan ini.

Gw pernah bilang ke Karina, "Gw ga mau bergadang lagi ah. Bangun siang membuat gw ga semangat dan ga sehat." Tapi kenyataannya, sampai tadi malam gw masih tidur jam 2 pagi. Arrgh! Saatnya mencari kambing hitam.

OK, gw bisa menyalahkan global warming, tapi alasan sesungguhnya adalah gw seorang programmer dan punya teman-teman yang terbiasa tidur larut malam. Gw bahas yang pertama dulu.

Kebanyakan programmer lebih senang bekerja di malam hari. Entahlah, sepertinya kami jadi lebih mudah berkonsentrasi. Ditambah lagi programmer "otomatis autis" ketika bekerja. Ga hanya lupa sekitarnya, sampai waktu pun kami ga peduli.

Gw juga punya teman-teman yang terbiasa tidur larut malam. Mereka bukan programmer, tapi memang kebiasaan kami untuk ngumpul malam-malam. Boys nite. Biasanya Jumat malam dan Sabtu malam, sedangkan hari lain biasanya chatting conference sampai jam 1 pagi. Sialnya, meski hati kecil gw mengatakan, "Thomas, ini salah. Go tell them you need to rest," gw malah menikmatinya!

Seperti kemarin, tiga hari berturut-turut gw mengotak-atik Hamachi agar bisa main Counter Strike lewat VPN. Gagal. Tiga hari yang ga berguna. Hmm, mungkin harusnya gw bersyukur, otherwise gw akan menghabiskan lebih banyak waktu lagi untuk bermain!

Gw coba ah untuk disiplin hari ini. Untuk mendorong hal ini, gw akan mem-publish aktivitas gw setiap jam di Twitter. Dengan begini, gw akan malu sendiri kalau selama lima jam berturut-turut ada entry "wiradikusuma is watching some movie (and it's office hour)."

Thursday, February 12, 2009

Bersih-bersih email

Selama ini gw pusing dengan email di inbox gw. Gara-gara sering menunda (membaca, membalas dan menghapus), inbox gw terisi hampir 3000 email! Dan gara-gara email-nya banyak, gw jadi semakin menunda :D

Berikut ini yang gw lakukan:
  1. Buat email account baru, khusus untuk menampung mailing list (milis).
  2. Alihkan semua milis ke alamat email tersebut. Jika milis yang Anda ikuti berbasis Yahoo Groups, lakukan "Edit membership" dan instruksikan agar pengiriman selanjutkan menggunakan alamat email yang baru.
  3. Dalam "Edit membership", gw juga mengatur beberapa milis yang "hanya gw baca" (gw jarang posting) agar "Daily digest" sehingga dikirimnya per hari, bukan per pesan.
  4. Gw juga keluar dari beberapa milis.

Sedangkan untuk email account yang sudah ada, gw melakukan:
  1. Hapus semua email notifikasi (dipilih menggunakan filter Gmail), misalnya dari Facebook dan Friendster.
  2. Arsipkan semua email dari milis (dipilih menggunakan filter Gmail juga). "Arsip" (archive) membuat email ga tampil di layar, tapi tetap bisa dicari.

    Lihat di screenshot untuk tau berapa banyak email yang saya "hilangkan" dari inbox Gmail saya :) Anyway, gw mungkin ga sengaja menghapus beberapa email yang penting (gw kurang tidur, hiks). Jadi kalau Anda pernah mengirim email ke gw dan belum gw balas, tolong kirimi gw lagi!

Tuesday, February 03, 2009

Indonesia is following me now?

I was very surprised when I checked my inbox this morning. The subject said "Indonesia is now following you on Twitter!" Oh my, what did I do?



Apparently it's somebody having account "Indonesia" (simply a username) following me. Phew, how relaxing! Anyway, it's kind of surprise that, although not significant, almost every week that some new people are interested in what I'm doing. It's interesting because I'm not advertising it in any way (it's http://twitter.com/wiradikusuma, in case you're wondering).

Monday, February 02, 2009

Google False Alarm, updated

Apparently the warnings Google gave me was an error in their side. Wow, I never thought a company that big can have that kind of stuff on the loose.

The spokesman said that it only lasted for 40 minutes or so (see the Official Google Blog for details). Consider myself lucky for such a rare event.

Looking for my geek side?