Tuesday, February 24, 2009

Disiplin oh disiplin

Salah satu Wish List 2009 gw adalah "Lebih disiplin dengan waktu". Gw sekarang bekerja freelance di rumah, dan disiplin adalah satu-satunya cara agar hidup gw tetap berada di jalurnya. Sayangnya, sudah hampir dua bulan dan gw masih kesulitan dengan ini.

Gw pernah bilang ke Karina, "Gw ga mau bergadang lagi ah. Bangun siang membuat gw ga semangat dan ga sehat." Tapi kenyataannya, sampai tadi malam gw masih tidur jam 2 pagi. Arrgh! Saatnya mencari kambing hitam.

OK, gw bisa menyalahkan global warming, tapi alasan sesungguhnya adalah gw seorang programmer dan punya teman-teman yang terbiasa tidur larut malam. Gw bahas yang pertama dulu.

Kebanyakan programmer lebih senang bekerja di malam hari. Entahlah, sepertinya kami jadi lebih mudah berkonsentrasi. Ditambah lagi programmer "otomatis autis" ketika bekerja. Ga hanya lupa sekitarnya, sampai waktu pun kami ga peduli.

Gw juga punya teman-teman yang terbiasa tidur larut malam. Mereka bukan programmer, tapi memang kebiasaan kami untuk ngumpul malam-malam. Boys nite. Biasanya Jumat malam dan Sabtu malam, sedangkan hari lain biasanya chatting conference sampai jam 1 pagi. Sialnya, meski hati kecil gw mengatakan, "Thomas, ini salah. Go tell them you need to rest," gw malah menikmatinya!

Seperti kemarin, tiga hari berturut-turut gw mengotak-atik Hamachi agar bisa main Counter Strike lewat VPN. Gagal. Tiga hari yang ga berguna. Hmm, mungkin harusnya gw bersyukur, otherwise gw akan menghabiskan lebih banyak waktu lagi untuk bermain!

Gw coba ah untuk disiplin hari ini. Untuk mendorong hal ini, gw akan mem-publish aktivitas gw setiap jam di Twitter. Dengan begini, gw akan malu sendiri kalau selama lima jam berturut-turut ada entry "wiradikusuma is watching some movie (and it's office hour)."

4 comments:

  1. Hamachi emang sering gagal login klo pas lagi penuh mas^^

    ReplyDelete
  2. and i haven't saw ure tweets for a week...thats improvement!

    ReplyDelete
  3. @Karina

    there are two possible explanation to that, Thomas didnt have time tweeting..he was busy plurking ;p or he finally did put his priorities straight ;)

    @Thomas

    sorry to barge in like this...nice writings ;)

    ReplyDelete
  4. Nice try on that hamachi crap dude..
    Btw, you have to thank me that i had this crappy internet. If i was using fastnet like you do, that counterstrike spree will last longer than you thought.. :D

    ReplyDelete

Looking for my geek side?