Wednesday, January 31, 2007

JaMU 07.01 Summary

Hi guys!

I'm glad to inform you that our last JaMU (first JaMU in 2007) was a success! The room was quite crowded, the presentation was insightful from our two special speakers, covering both advanced and basic (but neccessary) topics, and we still have the lovely J.Co ;-)

Karena kebiasaan orang timur yang ngaret, sementara menunggu ruangan penuh, JaMU 07.01 diawali dengan overview (proposal) kampanye Spread Java dari Thomas Wiradikusuma. Idenya bukan spread a girl's legs (bukan itu Sam!), tapi bagaimana kita bisa membantu diseminasi Java dari hulu ke hilir. Thomas sudah membuatkan bahan presentasi (PPT), tapi karena kuatir waktu ga cukup jadi hanya dibicarakan secara lisan.

Dhea berhalangan hadir karena ada urusan menyenangkan di Bandung, namun ketersediaan ruangan dan cemilan berkualitas yang dihidangkan cukup membuktikan atensi beliau. Thanks ya Dhea! Btw, OB dan satpam udah kita kasih 40rb. Masih ada sisa 50rb untuk kas JUGI. Yup, saweran kita hari itu 90rb. Masih lebih sedikit dibanding pendapatan parkir preman di pasar Cikini. Kita bisa lebih baik lagi kan?

Indrayana MB, pembicara pertama, mengantarkan materi Terracotta dengan baik. Beliau mengupas basic JVM clustering solution dengan konsep DSO. Sebagai demonstrasi, beliau menunjukkan bagaimana dua buah instance aplikasi slider di Swing dapat saling bertukar state. Ketika slider di instance A digeser, slider di instance B ikut berubah. Saya jadi ingat waktu me-remote komputer cewe Marketing di kantor yang lama. Akhirnya kita kenalan.. tapi itu lain cerita.

Endy Muhardin, pembicara selanjutnya, membawakan materi Ruthless Testing. Ini adalah sebuah judul, bukan nama produk apalagi nama cewe (Ruth?). Karena waktu yang terbatas, beliau hanya sempat menerangkan unit testing (JUnit), coverage testing (Cobertura) dan code review (PMD). Maaf kalau ada yang terlewat, mungkin saat itu saya sedang naik turun tangga mencari toilet.

Demikian rangkuman JaMU 07.01 Sabtu lalu, semoga menjadi masukan bagi teman-teman khususnya yang berhalangan hadir. Seperti biasa, materi presentasi dapat di-download dari website JUGI (mungkin butuh beberapa hari setelah JaMU) di http://www.jug.or.id/jugwiki/Wiki.jsp?page=JaMU0701. Sebagai tambahan, Bustanil Arifin telah berbaik hati meng-upload foto peserta JaMU di http://tech.ph.groups.yahoo.com/group/jug-indonesia/photos/browse/5994
Bagi yang penasaran wajah saya, saya yang nyengirnya paling lebar. Bagi yang penasaran wajah Frans, beliau yang pakai celana pendek (saya juga, tapi ga keliatan kalau pakai celana pendek). Bagi yang penasaran wajah Endy, beliau yang pakai kaos putih bertuliskan "Independent" (kalau ga salah).

Terima kasih untuk Indrayana dan Endy atas presentasinya. Saya kurang tahu apakah IDEA masih memberikan personal license IntelliJ 6.0 untuk pembicara, mohon hubungi Frans Thamura untuk detilnya.

Terima kasih untuk Sun Microsystems Indonesia, terutama Dhea, yang sudah menyediakan tempat dan donat J.Co.

Terima kasih untuk teman-teman sekalian yang sudah datang. Sampai jumpa di JaMU mendatang!

Salam hangat,
Thomas Wiradikusuma
Panitia JaMU
http://www.jug.or.id/jugwiki/Wiki.jsp?page=JaMU0701

PS: Materi presentasi Spread Java akan saya publikasikan beberapa hari lagi.

1 comment:

  1. JaMU, wah... kedengarannya menarik, semoga saja kapan2 diriku bisa ikutan... :D

    ReplyDelete

Looking for my geek side?