Friday, September 12, 2008

Bekerja di Rumah

Udah semingguan ini gw officially menganggur. Oh wait, barusan gw cek definisi Pengangguran di Internet: Pengangguran adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja (15 sampai 64 tahun) yang sedang mencari pekerjaan dan belum mendapatkannya. Gw ga sedang mencari pekerjaan (quite the contrary, kerjaan gw banyak), so let's call my status: Bekerja di rumah.

Ah, bekerja di rumah.. impian banyak orang. Kelihatannya hidup indah banget ya? Sayangnya ga begitu. Semingguan ini jadwal gw (dan gw sendiri) justru berantakan karena berusaha menyesuaikan diri.

Seperti kebanyakan geek, gw terbiasa menghabiskan weekend dengan belajar atau bekerja (side job atau project "I wanna do it because it's cool"). Bekerja di luar jam kantor, bagi kebanyakan geek, adalah mengasyikkan. Mereka bisa mengerjakan hal-hal yang mereka inginkan (instead apa yang disuruh atasan di kantor).

Seperti kebanyakan geek juga, gw sering berpikir, "Alangkah indahnya jika gw bisa melakukan ini setiap hari (setel lagu "Imagine"-nya John Lennon disini). Sekarang itu kejadian, setiap hari adalah weekend (baca: tidak di kantor). Terus terang, lama-lama ini membuat gw bosan.

Don't get me wrong, I do like working like this. Jam kerja yang fleksibel, bayaran yang tinggi (dan per jam!), Internet yang cepat (ketimbang di kantor), hemat 4 jam perjalanan (kalau ga kos), makanan bergizi dan teratur, bisa bangun siang, ga perlu mandi (ups!), bisa setel musik keras-keras, bisa bergadang tiap hari, pokoknya seru banget!

Sayangnya, kalau ga hati-hati, gw bisa terjerumus jadi pengangguran beneran. Semingguan kemarin hidup gw udah berantakan (kerjaan sih selesai, tapi gw sering jadi kalong sehingga fisik gw deteriorating), gw anggap itu bagian dari pembelajaran. Sejauh ini, solusi terbaik menurut gw adalah membuat jadwal dan patuh terhadap jadwal itu.

Today's important task: Make a schedule.

7 comments:

  1. (postingan ini dibuat oleh orang yang sebel banget karena gak bisa ngerasain bekerja dirumah plus dibayar per jam pula)


    HATE YOU!!...in a good way :D

    you know how lucky you are,

    mengerjakan hal yang nggak hanya disukai tapi udah jadi obsesi.

    dibayar perjam, dan gak cuman ngerjain satu hal.

    bisa kerja sambil nonton "how i met your mom" ato dengerin lagu2 sinden disiang bolong.

    bisa makan makanan tidak hanya sehat tapi juga bersih, plus gak pake keluar duit.

    kalo capek yah bobo siang bentar.

    kalo bosen bisa sepedaan, jalan2 ke mall, ..ato bobo lagi.


    Be Grateful ;)

    ReplyDelete
  2. tompret.. gue liat loe ok juga nih buat jadi model, loe masuk ke web gue yang mana? thinkwaystudio.net or thinkwaystudio.com?
    sementara thinkwaystudio.net masih make thinkwaystudio.ning.com dulu.. domain dot netnya lagi proses..
    eh loe nganggur? kirim cv lengkap ke alamat imel thinkway studio, sapa tau tar loe di panggil untuk jadi model. hihi
    lengkapnya liat di thinkwaystudio.com aja bagian model ya..

    dari..
    "MALAIKAT PENCABUT NYAWANYA THOMAS"

    ReplyDelete
  3. buseeet gw dipanggil trompet!!!

    gw buka dua2nya bos, norak abis! hehe, pengen nonjok kan lo.

    buset dah gw kagak fotogenik boss. dari berjuta foto, cuma yang ganteng aja yg gw taro. sisanya film kebakar, perlu diruwat, etc etc.

    tapi kalo lo bisa bikin gw ganteng, gw mau tuh!

    (btw, i hope you're still following the comments)

    ReplyDelete
  4. Kalo gw malah kebalikannya mas :), gw beralih dari freelance (bekerja di kosan or rumah) menjadi bekerja di perusahaan. Masing2 punya kelebihan dan kekurangan, menurut pengalaman gw kira2 begini:

    A. Bekerja di rumah
    Ok,mungkin kita bisa bilang kita bukan pengangguran (dan gw setuju selama ada pekerjaan dan tentunya isi dompet terus nambah apalagi banyak waktu untuk riset). Tapi bagi orang umum (ga tau sih klo di jakarta soalnya gw dulu freelance di lampung) kita ga punya status jelas. Misalkan begini : nanti mas Thomas ditanya ama calon mertua 'kerja dimana?', huehehe, gimana coba jawabnya :). Kemudian dampak dari keleluasaan kita dalam mengatur waktu membuat kita tidak teratur, minimal kasusnya, biasa mandi pagi jadi ga mandi. Biasa tidur jam 10 malam jadi tidur jam 12-an, bangun pasti kesiangan.Terus karena makan terjamin badan jadi gemuk, tunggu aja kalo ga percaya. Ya itu sekedar share pengalaman gw dulu sewaktu jadi 'pengangguran'. Tapi sekaran gw coba cari suasana berbeda dengan bekerja diperusahaan, of course coding pake Java.

    B. Kerja di perusahaan
    mungkin nunggu tahun depan, coz gw belum ngalamin hehe.

    Mungkin sementara gitu aja, lain kali ditambahin.O iya nambah, gw minta foto2 JaMU hari sabtu kemarin yah, apalagi kemarin gw menang doorprize, lumayan buat 'pamer' di kampung halaman :).kirim ke sini aja : dcstardev@yahoo.co.id.

    Thanks

    ReplyDelete
  5. > ditanya ama calon mertua 'kerja dimana?'

    dirumah, wiraswasta :)

    > bangun pasti kesiangan.

    hehe, kalo ini bener, hidup jadi berantakan.

    > badan jadi gemuk

    wah, gw malah MAU itu!

    ReplyDelete
  6. kalo mertua yg nanya bisa dijawab wiraswasta.... lha kalo yang nanya bagian approval pas ngajuin KPR ? :p

    paling enak ya kerja di kantor yang santai, jadi bisa kenceng freelance nya. Jadi tukang ketik di keluarahan nyambi jadi programmer java yang rate nya per jam mahal kan nggak salah juga he he he

    ReplyDelete
  7. > tukang ketik di keluarahan

    di-approve gitu sama orang bank pas minta KPR? :)

    ReplyDelete

Looking for my geek side?