Sunday, January 06, 2008

Susahnya mencari kos

Hampir setengah hari gw habiskan untuk mencari kos, hasilnya nihil. Pertama gw ke daerah kampus Moestopo. Asumsi gw, dekat kampus pasti banyak kos. Well, banyak, tapi dari beberapa tempat yang gw kunjungi, kualitasnya "meragukan".

Tempatnya tipikal "perkampungan di kota" dengan jalan setapak yang kanan-kirinya kadang dihiasi gerobak sampah, gerobak dagangan, atau kursi panjang untuk nongkrong.

Tapi bukan itu isunya. Sanitasinya meragukan. Gw sempat eneg waktu masuk ke sebuah rumah kos dan mencium bau "ga jelas". Penerangannya juga payah sampai-sampai gw berpikir, "Kalau ada mayat disini, mungkin mereka ga sadar." Dekat situ juga ada kali yang gw kuatir meluap kalau hujan deras.

Gw memang belum menjelajah jauh, mengingat kebanyakan pemilik kos sedang pergi (gw datang di saat yang salah, dekat situ sedang ada kondangan) dan gw malas masuk ke pelosok (it's getting too far from what I expected). Kisaran harga 400-600 ribu. Mungkin kalau ada informasi baru, gw akan coba lagi kesana.

Selanjutnya ke Karet, belakang HSBC. Di jalan Bek Murad ada beberapa kos bagus, tapi semua penuh dan harganya (menurut gw) terlalu mahal untuk "numpang tidur": 1.7 sampai 2.5 juta. Gw ga tertarik untuk ke pelosok Royani dan sebagainya karena alasan yang sama, terlalu jauh.

Disana gw istirahat lumayan lama di sebuah kedai, minum jus sirsak dan teh botol (I don't usually drink sweeties, tapi gw benar-benar capek) sambil make some calls nanya kos-kosan. Setiabudi, terlalu jauh. Bendungan Hilir dan Atmajaya, potensial banjir. Belakang SCTV/Planet Hollywood, Senopati, Blok M, boleh juga, tapi belum gw lihat.

Final destination for today: Blok M. Sesampainya di terminal gw naik ojek untuk muter-muter. Sempat melihat beberapa rumah, tapi ga ketemu yang cocok (gw juga merasa, "Wah, ini kejauhan."). Gw sempat kehujanan juga, tapi untung hujannya tau diri. Kalau gw lagi di ojek, berhenti. Kalau sampai suatu rumah, hujan lagi.

Catatan: Untuk yang ingin membantu, kantor gw di daerah Tulodong, belakang BEJ. Help very much appreciated :-)

7 comments:

  1. Gue baru aja pindah kosan dr belakang sctv (tepatnya belakang graha BIP) ke setia budi.
    Coba aja cek mantan kosan gue kali aja cocok. Bwahahaha

    ReplyDelete
  2. gw juga nyari kos sekitar senopati. bagi infonya yah kalo nemu yg bisa buat cewe, budget sama lah dgn lu punya. sebetulnya di senopati dalam kemaren nemu, cuman ibu kosnya kurang ajar, gw dah kasi dp,eh dikasih ke org kosnya. siyalan banget. mungkin lu bisa cari-cari lagi daerah tulodong dan pattimura

    ReplyDelete
  3. Hi, gw nemu ini di duniacyber.com

    Iklannya dah agak lama tapi coba aja. Siapa tau...

    TERIMA KOS UNTUK PRIA BAIK-BAIK. HUBUNGI BPK. GANI DI 021-7975285. FASILITAS : KAMAR 3x3m, LEMARI, TEMPAT TIDUR, CUCI SETRIKA UNTUK CELANA&BAJU, KMR MANDIR DI LUAR (air bersih), AIR MINUM. BIAYA SEWA KOS SEBESAR Rp. 450.000/BULAN. LOKASI KOS TIDAK JAUH DARI HALTE BUSWAY RUTE RAGUNAN-KUNINGAN.

    ReplyDelete
  4. keknya kos2an di daerah sekitar kampus untar banyak da, apalagi disamping untar 2, lokasi strategis banget, kalo bosen di kos, tinggal cuci mata di bunderan untar 2, eh jalan2 di citraland ... :D

    ReplyDelete
  5. Buat yang belum dapet nih.
    http://azanakost.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. just info yang belum dapat kost yang cocok, barang kali yang ini cocok silahkan simak di http://kostpancoran.blogspot.com

    ReplyDelete

Looking for my geek side?