Tuesday, December 19, 2006

Wish List 2006 In Review

Di awal tahun ini gw membuat sebuah Wish List, daftar hal-hal yang ingin gw capai selama tahun 2006. Mari kita lihat sejauh mana gw memenuhi harapan-harapan gw.

Berikut ini adalah wish yang berhasil gw penuhi:

Setup wiradikusuma.com
Wiradikusuma.com sudah berjalan, namun masih terbuka untuk perbaikan. Kesegaran konten dan tampilan yang lebih menarik menjadi isu yang patut dipertimbangkan.

Help Dad's business
Sejauh ini gw sudah membantu Papa mendesain logo perusahaan, brosur, kop surat dan administrative stuff.

Escalate career
11 September kemarin (sampai saat gw menulis blog ini) gw resmi bekerja di sebuah IT consulting and outsourcing firm di daerah Kebun Jeruk. This is my second full time emloyment. Pengalaman yang lebih luas, tantangan yang lebih menarik dan kompensasi yang lebih baik adalah alasan gw pindah.

Buy new cell phone
Nokia 6680 adalah ponsel kedua gw. Itu juga dibeli karena 3310 gw hilang :-)

Buy new glasses
Sudah dibeli, namun jarang gw pakai karena tidak begitu nyaman digunakan. Padahal harganya lumayan mahal dan gw butuh kacamata untuk keperluan sehari-hari :-(


Berikut ini adalah wish yang gagal gw penuhi:

Deliver MINITIATE
MINITIATE adalah nama sandi untuk sebuah proyek game development berbasis JavaME untuk ponsel . Wish ini bersifat ad-hoc dan tidak terpenuhi karena main driver dari proyek ini menguap.

Deliver INVEN
INVEN adalah nama sandi untuk sebuah proyek pribadi. Proyek ini tidak diteruskan karena berbagai alasan non-teknis.

Keep wiradikusuma.com up and running
Untuk urusan publikasi konten, gw cenderung memanfaatkan blog.

Finish writing book about UML
Wish ini gagal karena gw kehilangan minat terhadap subyek ini.

Write book about OOAD and/or Java
Wish ini tidak dikerjakan karena gw melihat buku “dasar” seperti ini sudah banyak di pasaran. Kalau pun buku ini jadi, pasti akan sangat sulit menerbitkannya.

Write book about advanced Java-related topics
Gw mengakui bahwa dedikasi gw terhadap wish ini sangat kurang.

Deliver SEPTERRA stable version
SEPTERRA adalah nama sandi sebuah sistem hasil pengembangan ide gw dan David Limanus sewaktu skripsi. Ketidaktersediaan infrastruktur dan data pendukung adalah inherit problems dari stagnasi proyek ini.

Learn Mandarin
Wish ini ditunda karena kesulitan gw mengalokasikan waktu yang konsisten untuk belajar. Sekedar mengambil kursus mungkin bisa, tapi rasanya tidak akan bermanfaat banyak kalau hanya tergantung dari situ.

Buy camera
Gw masih cukup puas dengan kamera built-in 6680 gw untuk kebutuhan fotografi ad-hoc.

Buy notebook
Masih menabung :-) Untuk 1-2 bulan ke depan gw masih menggunakan Compaq Presario 2500 ini. Hitung-hitung melatih otot tangan lah.

Buy motorbike/car
Di tahun ini banyak sekali pengeluaran ( financially speaking). Gw sebisa mungkin menghindari pembelian secara kredit. Tapi mungkin ini akan berubah di tahun depan.

Visit dentist regularly
Gw belum menemukan dokter gigi yang cocok, yang pelayanannya prima, tapi harganya tidak keterlaluan.


Kalau gw menyimpulkan, prima causa kegagalan-kegagalan gw adalah kurangnya dedikasi terhadap tujuan yang gw kejar. Ini terlihat jelas khususnya dalam proyek pembuatan buku. Disini gw benar-benar butuh “pendorong yang kuat” untuk menggenapi wish gw.

Namun kegagalan gw juga bisa karena mengejar sesuatu yang lebih penting. Misalnya dalam keinginan membeli motor. Gaji beberapa bulan harusnya cukup untuk sebuah motor, cash. Tapi gaji gw tidak hanya untuk diri gw. Gw adalah seorang family man—senyum keluarga gw adalah kebahagiaan gw. Itu sebabnya gw masih mengenakan kombinasi baju yang sama setiap minggu ;-)

Dilihat dari persentase, wish yang tercapai hanya 30%. Namun gw memang tidak mensyaratkan seluruh wish terwujud. Mereka hanya patokan. Lagipula banyak hal-hal “mendadak” yang menambah nilai hidup gw di tahun 2006. Secara keseluruhan gw mensyukuri tahun ini. Semoga tahun 2007 gw bisa lebih baik lagi. Amin.

3 comments:

  1. wish list 2007 nya blm di susun? tinggal bbrp hari, sudah dekat deadline lho :p jhn

    ReplyDelete
  2. sudah kok dari kemarin2 :-)
    tapi blom gw publish, rencananya mo publish beberapa blog lain dulu.

    ReplyDelete
  3. bro wira, mo ngejual compaq presario 2500 nya ga?klo iya, sms gw di 0816 558 518, ntar gw hub. thx

    ReplyDelete

Looking for my geek side?