Tuesday, December 26, 2006

Wish List 2007

Misi saya adalah untuk hidup dengan integritas dan membuat perbedaan bagi hidup orang lain, menjadi sukses—secara materi dan non-materi—bagi diri sendiri, keluarga maupun lingkungan interaksi saya.

Paragraf di atas adalah wish list seumur hidup gw. Berbasiskan misi hidup tersebut dan review wish list gw di tahun 2006, berikut ini adalah wish list 2007 gw, tidak dalam pengurutan apapun:

Refresh wiradikusuma.com and keep it smoking
Obsesi gw adalah menjadikan wiradikusuma.com digital portfolio gw. Kurang lebih website itu bisa menjadi tempat resume (curriculum vitae) dan etalase karya-karya gw. Obsesi sekunder adalah menjadikannya ajang narsis pribadi.

Buy notebook
Gw masih menunggu peluncuran Windows Vista di akhir Januari 2007. Gw ingin beli notebook yang sudah Vista Premium Ready dengan harga yang masuk akal. Harapan gw, ketika Vista versi personal resmi beredar (versi korporat dirilis Desember ini), harga notebook multimedia akan menurun. Budget gw dibawah 15 juta. Semoga saat itu tabungan gw cukup ;-)

Escalate career
Selama gw masih (mampu) bekerja, selama itu pula gw akan terus berusaha menjadi lebih baik. Secara high level, gw mengharapkan perkembangan diri seperti intelektualitas yang lebih terasah, proficiency yang lebih tajam di bidang yang gw tekuni dan kemungkinan penjajakan wilayah keilmuan baru (kursus tato? Kelihatannya menyenangkan). Gw mengharapkan aktualisasi diri yang lebih baik (dan pendapatan yang lebih besar, hehe).

Help Dad's business
Gw ingin membantu lebih banyak lagi. Harapan gw di tahun 2007 adalah Papa dapat memanfaatkan ICT (Information and Communication Technology), terutama Internet, lebih baik lagi untuk kepentingan bisnisnya dan organisasinya. Gw mengharapkan usaha Papa berjalan lancar. Amin.

Sekaligus menjawab pertanyaan orang-orang yang berpikir kalau keluarga gw adalah keluarga jago IT: Papa mengetik di file yang sama untuk semua dokumennya (disambung-sambung kayak kereta). Mama membantu Papa “ke jalan yang benar”, namun beliau sendiri terlalu canggih memakai komputer sehingga gw sering bingung, “Kok komputer ini bisa rusak ya? Padahal cuma dipakai untuk mengetik! Hal ajaib apa sih yang Mama lakukan?” Bagaimana dengan kedua adik-adik gw? Mereka membuat speaker dan amplifier mahal gw rusak, entah bagaimana caranya (mereka selalu menjawab, “Gw nyetel musik seperti biasa kok!”). Intinya, keluarga gw adalah tipikal keluarga biasa.

Celebrate 25 years of my parents' anniversary
Juni 2007 tepat 25 tahun pernikahan ortu gw. Bulan itu juga Mama tepat berusia 60 tahun. Sebagai anak cowok satu-satunya, sulung, gw berkewajiban memberikan yang terbaik untuk momen spesial ini. Gw belum tahu celebration macam apa yang akan gw adakan, semoga gw mampu memberikan yang terbaik untuk event ini. It's been a duty of mine to serve mom and dad well.

Deliver DEWANTARA
Dewantara adalah sebuah proyek open source school/student information system. Pengembangan Dewantara harusnya sudah dimulai sejak akhir tahun 2006. Tapi karena kesibukan yang luar biasa (sampai lupa mencukur jenggot sehingga mirip The Beegees. Keren), gw menundanya sampai tahun 2007. Gw masih mengumpulkan orang-orang yang tertarik dengan kolaborasi ini.

Tertarik bergabung? Ini mungkin ga mendatangkan keuntungan finansial secara langsung, tapi Dewantara bisa jadi langkah yang tepat untuk masa depan kita (ya, termasuk Anda) yang lebih baik. Cari tahu kenapa.

Write a book about anything
Gw tetap ingin menulis buku, tapi kali ini gw lebih realistis. Gw tidak akan menyebut topik karena itu akan berubah. Gw percaya yang gw buat nanti baik. “Teknik menggaet wanita” juga baik kok.

Write regular articles
Obsesi gw adalah menjadi kolumnis di media berita populer. Itu sebabnya gw mulai rajin menghidupkan blog ini, hitung-hitung sebagai ajang latihan dan unjuk gigi (kalian ga benar-benar melihat gigi gw disini, ini ungkapan) Kita lihat sejauh mana gw bisa mewujudkan obsesi ini.

Give lecturing
Percaya atau tidak, mengajar—terutama menjadi dosen, meski paruh waktu—adalah salah satu impian gw sejak dulu (sebenarnya gw ingin jadi astronot, tapi itu sebelum gigi gw berlubang). It's fun to share knowledge dan melihat ilmu kita bermanfaat bagi orang lain. Sebelum lulus kuliah gw pernah mencoba kemungkinan mengajar di IBII (begini kan tulisannya?), tapi mereka mensyaratkan S2. Gw penasaran kenapa wajah imut gw ga membantu.

Buy motorbike
Psst.. sampai detik ini gw belum bisa naik motor lho! Tapi jangan kuatir, gw akan serius belajar mendekati tanggal pembelian. Kapan ya?

Oh ya, sepertinya gw akan membeli Honda Vario (atau sejenis yang automatic). Gw sangat sangat sangat menginginkan “motor cowok”, tapi karena pertimbangan utilisasi (Mama dan adik-adik gw bisa pakai kalau perlu) gw tetap memilih motor bebek.

Visit dentist regularly
Semoga bukan karena gigi gw tiba-tiba bermasalah di tahun 2007!

Regularly work out
Gw belum pernah ikut fitness (habis ga ada mau gw ajak), tapi gw kadang (ga terlalu sering sih) berenang, jogging dan olahraga di rumah ( push-up, sit-up, etc). Kalian boleh ga percaya, tapi dulu perut gw six pack bro! Itu waktu gw SMA dan awal-awal kuliah.. :-D

Sekarang gw mau meremajakan diri lagi. Gw akan berusaha rutin olahraga, kalau perlu ikut fitness. Seperti kata semboyan, “Di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang sehat” (hmm.. jadi selama ini pikiran gw ngeres karena..).

Eat more vegetable, less meat
Penelitian menunjukkan bahwa orang ber-IQ tinggi di waktu kecil cenderung menjadi vegetarian ketika dewasa. Hmm.. orang akan berpikir gw jenius ketika melihat gw makan sayuran. Keren.

Maintain healthy lifestyle
Kalian yang mengenal gw pasti tahu kebiasaan makan gw: (banyak) minum air putih, ga makan yang manis, sebisa mungkin makan sayur. Gw mau mempertahankan semua kebiasaan baik itu. Tapi sejak gw kos, agak susah eui!

Gw juga akan meningkatkan intensitas olahraga gw, mengurangi kebiasaan bobo terlalu malam, dan yang terpenting.. patuh pada agenda yang gw buat!

Make commitment in relationship
Thomas jatuh cinta? Haree geenee? Jangan begitu dong, hiks.. programmer kan juga manusia. Mari kita nantikan “365 hari mencari cinta” ;-)

Seriously , gw lagi belajar untuk ini. Ternyata nyakitin banget. Bagaimana caranya menunjukkan rasa sayang tanpa menyakiti orang yang kita sayang?

Take my family on a memorable vacation
Gw mengharapkan liburan akhir tahun yang menyenangkan!


Seperti terlihat di atas, esensi 2007 adalah karir, kesehatan, keluarga dan kemungkinan komitmen. Menggabungkan semua itu adalah tantangan yang sangat berat (contohnya, achievement di karir kadang mengorbankan kesehatan, keluarga dan komitmen dengan orang yang kita cintai), namun itu tidak mustahil. The key is finding balance.

Secondary wish list (nice to have): Beli kamera digital SLR, kembali bermain musik (gw kangen gitar listrik gw!), kursus anggar (Mama mantan atlet anggar nasional, masak gw kalah!) dan berlibur ke Lombok (belum tau siapa yang akan gw ajak).


Soli Deo gloria—To God alone be glory. I'm just an instrument.

5 comments:

  1. I wish u always success in ur live. I'm motivated with your blogger. Salut bwt karyanya bagi bangsa. Salam kenal.

    AS

    ReplyDelete
  2. i'm glad my posts are useful. hoping the best for you too bro! keep reading ;-)

    ReplyDelete
  3. Dear Thomas, kursus anggar di mana ya? Uda nyari2 di google tapi ga ketemu :( any idea pls? Thanks heaps! :)

    ReplyDelete
  4. gw juga blum ketemu :D kalo tau, tolong kabar2i ya :)

    ReplyDelete
  5. hahaha nice nice, Thom. lo ga seharusnya nulis novel,hahaha.

    ReplyDelete

Looking for my geek side?