Monday, June 16, 2008

Pameran Komputer: SPG, t-cash, MORE

Sabtu kemarin gw datang ke pameran komputer di Jakarta Convention Center. Seperti tren belakangan ini, pamerannya bersebelahan dengan pameran ponsel (Indonesia Cellular Show).

Meskipun gw seorang geek, sebenarnya gw malas datang ke pameran komputer. Judulnya sih "pameran" (expo/exhibition), tapi mayoritas diisi dengan jualan, padahal masuknya bayar. Makanya gw hanya datang kalau mau beli sesuatu :D

Anyway, gw kesana karena diajak seorang kolega di kantor lama, yah hitung-hitung nostalgia. Sayangnya yang datang hanya seorang. Weks, jadi gw keluar lima ribu (excluding transportation costs) hanya untuk melihat SPG? I usually get more for free ;-)

Untungnya gw melihat beberapa barang bagus (bukan SPG-nya, meski mereka juga bagus). Salah satunya, gw berkesempatan melihat t-cash, produk mobile payment dari Telkomsel.

Seperti biasa, SPG-nya ga mengerti apa-apa soal produknya, so I ended up asking to their superordinate. Esensinya, t-cash memungkinkan kita mendepositkan uang di Telkomsel, lalu menggunakan ponsel (dengan kartu Telkomsel) untuk melakukan pembayaran di merchant rekanan mereka. Saat ini partnernya baru Indomaret (dan beberapa entitas lain yang ga signifikan).

Teknologinya pure SMS, nothing rocket science. Sayangnya, menurut gw, t-cash memiliki paling ga dua cacat:
  • You have to reveal your cellphone number to the cashier. Lots of people don't want to share their number to strangers.
  • The transaction flow involves user typing some cryptic numbers given by the cashier, send it using SMS/USSD, waiting for the response AND showing the reponse back to the cashier. It's quite a long duration (and have lots of people waiting behind you). What if the SMS is pending?
Asumsi gw dibangun berdasarkan informasi yang diberikan waktu itu. Oh ya, deposit yang gw maksud berbeda dengan pulsa lho.

Selain itu gw juga melihat MORE (Mobile Rewards Exchange), sebuah produk dari inTouch. Esensinya, MORE adalah sebuah sistem poin dan program yang di-install di ponsel (cool application, Symbian-based). Poin yang terkumpul dapat ditukar dengan produk dan layanan dari berbagai perusahaan yang tergabung dalam MORE Alliance.

Poinnya didapat dari transaksi dengan rekanan MORE, misalnya Nokia Indonesia (you get points when you buy cellphone). Konsepnya mirip dengan sebuah produk yang dulu pernah gw lihat (di Indonesia juga), tapi tidak menggunakan SMS. Entah bagaimana kabar produk itu sekarang.

Gw juga melihat SMS Sempro, sebuah aplikasi SMS Center. Sangat menarik jika dilihat dari harga, sayang Windows-based. Hmm... peluang bisnis nih untuk membuat aplikasi yang versi Web dan berjalan ga hanya di Windows :-) Oh ya, related to bulk SMS, gw sempat bertanya di booth XL soal Corporate Solutions mereka. Sekali lagi SPG-nya ga mengerti apa-apa. Payahnya lagi, manajer marketingnya juga bingung ketika gw tanya detil produknya (I didn't go technical).

Disitu juga ada pembagian brosur "Professional JAVA Programming" dari sebuah lembaga pelatihan. Sangat menarik. Ada juga carihp.com, sebuah website baru untuk panduan membeli ponsel. Website-nya lumayan cantik, namun lebih baik lagi kalau Ajax-enabled dan ditambah beberapa enhancements. Gw juga melihat brosur sebuah website a'la PayPal, yang sayangnya ga sempat gw lihat produknya (couldn't find the booth).

Gw ga lama berada di pameran, sehingga ga banyak yang bisa dikomentari. Yang membuat gw penasaran, kenapa ada Satria Baja Hitam di pameran?

3 comments:

  1. Satria Baja Hitam itu dari lomba CosPlay atau Costume Play dari karakter2 hero Jepang (tokusatsu)..keknya lagi ada lombanya disana deh..
    Iya nih pamerannya bayar, gara2 ada hadiah mobilnya tapi yah gitu deh...1 mobil utk brp ratus ribu orang, peluang 1 :100.000 lebih :P

    ReplyDelete
  2. Jangan salah...SMS Sempro yang lo liat itu ga cuma Windows Based aja loh...!!

    ReplyDelete
  3. I asked their rep and he said it's Windows only. I checked their website some weeks ago and couldn't find non-Windows version. Maybe you can guide me amel?

    ReplyDelete

Looking for my geek side?